Dekorasi Plafon Gypsum Bertingkat, Drop / Up Ceiling

Dekorasi Plafon Gypsum Bertingkat, Drop / Up Ceiling

10 Cara Pasang Dekorasi Plafon Gypsum Bertingkat

Telpon menjadi salah satu bagian dari sebuah bangunan hunian. Plafon yang letaknya berada di paling atas rumah bukan hanya berfungsi untuk melindungi rumah dari kebocoran. Namun juga sebagai penghias untuk mempercantik rumah, apalagi saat ini desain dekorasi plafon cukup beragam seperti dekorasi plafon gypsum bertingkat.

dekorasi plafon gypsum bertingkat

Langkah-Langkah Memasang Plafon Gypsum Drop / Up Ceiling

Berikut ini adalah langkah untuk melakukan pemasangan plafon gypsum bertingkat.

  1. Pemasangan Rangka Bawah

Karena yang kami ulas dekorasi plafon gypsum bertingkat, maka tentunya ada plafon bawah dan ada plafon atas. Oleh karena itu, langkah pertama yang harus kita lakukan untuk melakukan pemasangan plafon bertingkat. Mulai dari pemasangan rangka bagian bawah terlebih dahulu.

  1. Pemasangan Rangka Atas

Setelah rangka bawah plafon telah terpasang, maka selanjutnya melakukan pemasangan rangka bagian atas.

  1. Penutupan Rangka Atas

Jika rangka plafon bagian bawah dan rangka plafon bagian atas sudah terpasang. Maka langkah yang selanjutnya, yaitu dengan penutupan rangka atas. Cara untuk penutupan rangka atas bagi plafon gypsum bertingkat sama seperti cara penutupan plafon model biasa atau rata.

Dalam melakukan pemasangan papan gypsum yang terdapat pada rangka atas. Maka masih bisa menutup lagi dengan 1 lembar penuh papan gypsum. Hal tersebut karena tidak adanya variasi tengah, terkesan menjadi monoton.

  1. Penutupan Celah Bagian Dalam

Jarak antara rangka plafon bagian atas dengan rangka plafon bagian bawah atau ukuran tingginya. Yaitu 20 cm dan perkiraan untuk celah adalah 15 cm.

  1. Penutupan Rangka Bawah

Setelah melakukan penutupan pada rangka plafon bagian atas dan juga lubang cerah. Maka langkah selanjutnya, yaitu melakukan penutupan rangka plafon bagian bawah dengan memakai papan gypsum.

Jarak lebar antara rangka bagian bawah yaitu 40 cm, sedangkan untuk panjangnya mengikuti bidang dinding ruangan yang akan terpasang plafon.

  1. Penutupan Bagian Pinggir Rangka Bawah

Penutupan untuk bagian pinggir rangka bawah masih menggunakan papan gypsum. Maksudnya dengan bagian pinggir rangka bawah ya itu bukan pinggir yang terdapat di dinding. Akan tetapi, bagian tepi pinggir yang naik ke rangka plafon bagian atas dan melewati lubang celah.

Ukuran tinggi minimal pinggiran plafon adalah 5 cm sampai dengan 8 cm. Sedangkan untuk ukuran tinggi celah adalah 15 cm. Apabila ukuran tinggi pada pinggiran plafon yang mengambil 8 cm, maka sisa untuk celah adalah 7 cm. Apabila ada pertanyaan Apakah tidak kesulitan untuk melakukan pengecatan yang hanya memiliki celah 7 cm? Tentu saja jawabannya tidak.

  1. Pendempulan

Apabila seluruh rangka plafon tertutup menggunakan papan gypsum, Maka selanjutnya melakukan pencampuran pada bagian sambungan. Sebaiknya melakukan pendempulan pada sambungan plafon gypsum secara merata dan tidak terdapat gelombang. Anda bisa menggunakan alat seperti sekrap, pisau dempul dan juga ember kecil untuk alat bantu dempul plafon. Untuk mendempul plafon bisa menggunakan tepung cornise.

  1. Pemasangan Lis Bahan Gypsum

Dari semua cara yang sudah sudah kami ulas telah terselesaikan, maka lanjut dengan pemasangan Lis dari bahan gypsum.

  1. Pengecatan

Untuk melakukan pengecatan tentunya semua orang sudah bisa. Maka dari itu, Anda bisa melakukan cara terbaik yang Anda bisa untuk melakukan pengecatan plafon.

  1. Pembersihan Noda Pada Lantai Keramik

Tentunya sudah menjadi hal wajar ketika melakukan pemasangan plafon sekaligus melakukan pengecatan. Tentunya lantai keramik yang ada pada bawah plafon makan banyak terkena noda. Mulai dari kotoran saat pemasangan plafon sampai dengan noda cat, tentu juga harus adanya proses perawatan plafon gypsum.

Silahkan baca : Keunggulan Menggunakan Plafon Gypsum

dekorasi plafon gypsum mewah

Silahkan baca : Dekorasi Plafon Gypsum Klasik

Agar ruangan yang terpasang plafon kembali menarik, maka sampah dan noda harus membersihkan. Anda bisa menggunakan sekrap besi maupun sekrap gagang dengan cara oles atau sodok.

Semua langkah-langkah di atas bisa Anda terapkan untuk melakukan pemasangan dekorasi plafon gypsum bertingkat. Sedangkan jika Anda ingin menggunakan jasa pasang plafon dan partisi, maka Anda bisa menghubungi perusahaan kami Mitra Gemilang Teknik.