Cara Reparasi Plafon Gypsum Yang Baik dan Benar

Wajib Memahami 6 Cara Reparasi Plafon Gypsum Berikut Ini

Terjadi keretakan pada plafon gypsum menjadi hal yang wajar dan dapat maklum. Namun ketika membiarkan keretakan dari gypsum tersebut tentu bisa merambat ke plafon gypsum yang ada pada sampingnya. Sebetulnya terdapat cara reparasi plafon gypsum dengan mudah, yang bahkan anda bisa melakukannya sendiri tanpa menyewa tukang.

Selain itu, ketika ingin melakukan perbaikan pada plafon gypsum juga tidak membutuhkan waktu lama. Sebab Anda bisa melakukannya dengan cara yang mudah dan yang pasti semua bahan untuk reparasi plafon bisa Anda temukan.

Cara-memperbaiki-plafon-rumah

Cara Memperbaiki Plafon Yang Sudah Retak

  1. Mempersiapkan Scaffolding Atau Steling

Pertama-tama ketika melakukan reparasi plafon gypsum, siapkan scaffolder atau pun stelling ini maka Anda harus memasang alat tersebut. Yang mana kedua alat tersebut memiliki fungsi untuk bisa menjangkau permukaan dari plafon yang sudah mengalami retak. Sehingga bisa dengan mudah terjangkau oleh tangan. Dengan alat inilah Anda bisa dengan mudah melakukan perbaikan pada plafon yang sudah mengalami masalah.

  1. Memotong Bagian Yang Retak Dengan Pisau Cutter

Untuk langkah yang kedua Anda bisa memotong bagian plafon gypsum yang sudah mengalami retak. Bisa kurang lebih sekitar satu setengah meter dengan menggunakan pisau cutter. Tujuan sehingga nantinya adukan dari komponen atau pun dempul plafon bisa dengan masuk sehingga plafon akan semakin padat.

  1. Membuat Adukan Cornice

Untuk langkah reparasi plafon gypsum berikutnya Anda bisa membuat adukan cornice terlebih dahulu. Menggunakan adonan ini sebagai bahan yang menambal plafon yang mengalami keretakan. Untuk bahan dari dempulan ini bisa mudah anda peroleh pada beberapa toko bangunan terdekat dari rumah Anda. Untuk harga bahan adonan cornice itu sendiri juga cukup terjangkau.

  1. Mengaplikasikan Dempul Dengan Tahap Pertama

Jika saja ada sudah membuat orang tersebut maka Anda bisa mengaplikasikan dempul pada bagian yang retak dan sudah terpotong. Pastikan jika Anda mengaplikasikan dempul tersebut secara perlahan sembari sedikit penekanan. Gambar tersebut bisa dengan masuk dan padat.

  1. Mengaplikasikan Dempul Tahap Kedua

Untuk cara reparasi plafon gypsum yang berikutnya Anda harus mengaplikasikan dempul tersebut sampai rapi dan juga merata. Untuk tahap ini ada wajib untuk teliti dalam pengaplikasian dempul, dan memastikan jika tidak ada gelombang pada permukaan plafon gypsum. Baru setelah itu Anda bisa menggosok dempulan tersebut ketika agak kering, baru setelah itu Anda bisa mengamplas.

  1. Melakukan Pengecatan Ulang Pada Plafon

Untuk cara yang terakhir ketika proses dari dempulan plafon gypsum tersebut sudah selesai dan rapi. Maka untuk langkah yang selanjutnya Anda harus melakukan pengecatan ulang, yang ada pada bagian yang sudah reparasi sebelumnya.

cara reparasi plafon gypsum

Proses pengecatan ulang ini tentu akan membuat kondisi dari plafon gypsum semakin lebih cantik, dan terlihat baru. Artinya kondisi dari rumah Anda akan semakin tampak lebih nyaman ketika kondisi dari plafon yang sudah kembali seperti sedia kala.

cara memperbaiki plafon gypsum

Kesimpulan

Itulah sekilas informasi yang bisa kami sajikan kepada Anda mengenai cara reparasi plafon gypsum dengan mudah dan cepat. Pastikan Anda membeli plafon gypsum yang berkualitas merupakan produksi dari perusahaan ternama. Anda bisa memilih gypsum kepada Mitra Gemilang Teknik, yang sudah profesional dengan jasa pasang plafon gypsum yang sangat bagus.