Jasa Konstruksi Atap Baja Ringan Bandung

Atap Baja Ringan Bandung – Baja ringan adalah baja berkualitas tinggi yang bersifat ringan, akan tetapi kekuatannya tidak kalah dari baja konvensional. Terdapat bebarapa ragam baja ringan yang dikelompokan berdasar nilai tegangan tariknya (tensile strength). Kekuatan tegangan tarik Konstruksi Atap Baja Ringan Bandung ini biasanya dilandaskan pada fungsi dari baja ringan itu sendiri.

Misalnya untuk produk structural seperti konstruksi rangka atap baja ringan memakai baja ringan dengan tegangan tarik G550. Tetapi pada beragam produk kenutuhan bagunan dibutuhkan baja ringan dengan tegangan tarik G300 atau G250. Kemudian konstruksi atap baja ringan Bandung lebih lentur serta lunak, sehingga akan lebih mudah dibentuk sesuai kebutuhan.

Karena tingkat mutu dan kuat tarik yang tinggi, tidak heran bila baja ringan lebih ringan dibandingkan baja pada umumnya. Baja ringan G550 dapat diartikan sebagai baja yang memiliki kuat tarik 550 Mpa (Mega Pascal). Uji kualitas tersebut hanya bisa dibuktikan pada test laboratorium saja.

Walau pun lebih tipis dan ringan dari baja pada umumnya, dengan kuat tarik 550 Mpa. Konstruksi Atap baja ringan Bandung mampu dijadikan solusi untuk menopang beban struktur pada bangunan. Untuk manfaat non structural seperti penutup atap dipakai konstruksi atap baja ringan kualitas G300.

Konstruksi rangka atap baja ringan memiliki ketebalan antara 0,45 – 1,00 mm, tidak sama dengan kolom yang menopang beban yang jauh lebih besar. Ketebalan antara 1,00 hingga 2,00 mm (canal C), sementara pada genteng metal ketebalan 0,20 mm. Sebab dapat dikatakan tak menahan beban dengan ketebalan itu telah cukup memadai.

Konstruksi Atap Baja Ringan Bandung

Silahkan hubungi kami sekarang!!
0812 8899 3338 – 0877 8899 3338

7 Kelebihan Konstruksi Atap Baja Ringan

Konstruksi Atap Baja Ringan kuat

Biarpun memiliki sifat ringan, konstruksi rangka atap baja ringan mempunyai kekuatan tegangan tarik (tensile strength) yang tinggi sekitar 550 Mpa. Lebih besar dari tegangan tarik baja biasa yang hanya memiliki 300 Mpa. Hal tersebut disebabkan sifat lentur yang ada pada rangka atap baja ringan mampu menyerap energi dengan jumlah yang lebih besar.

Rangka atap Baja Ringan Bandung

Tidak seperti material kayu yang memiliki sifat tidak lentur dan lebih cepat hancur. Kekuatan tegangan tersebut membuat konstruksi atap baja ringan bisa menahan beban dan menjaga kestabilan pada sebuah bangunan. Baca juga : Kanopi Baja Ringan Bandung

Pemasangan rangka atap baja ringan sangat mudah

Karena sifat materialnya yang ringan, pemasangan rangka konstruksi atap baja ringan di Bandung bisa menghemat waktu serta biaya. Selain bobotnya ringan sehingga mempermudah proses konstruksi, rangka atap baja ringan juga memiliki sistem sambungan yang tidak rumit. Sambungannya bisa berupa skrup, baut, keling ataupun las. Sistem sambungannya membuat rangka atap baja ringan atau kanopi baja ringan mudah untuk dirangkai ke konstruksi lainnya.

Harga Pasang Rangka Atap Baja Ringan Bandung

Bentukan Konstruksi Atap Baja Ringan bervariasi

Rangka konstruksi atap baja ringan masih dapat dibentuk jadi beragam model atap sesuai yang diinginkan. Namun bentukan rangka atap baja ringan wajib disesuaikan dengan beban yang akan ditumpu rangka atap baja ringan itu sendiri.

Jika anda ingin memastikan kekuatan desain rangka atap baja ringan, maka jarak antar baja ringan baiknya dibuat lebih rapat. Maksimal kerenggangan antara rangka baja ringan yang satu dengan yang lainnya yaitu 120 cm.

Konstruksi Atap Baja Ringan anti karat

Memakai rangka atap baja ringan tidak hanya membuat terhindar dari gangguan rayap, baja ringan dibuat dari material logam anti karat. Keuntungan lain untuk anda yang ingin membangun atap dengan rangka atap baja ringan, sebab tak perlu melalukan finishing lagi.

Rangka atap baja ringan memiliki ketahanan jangka panjang

Dibuat dari logam yang menjadikan rangka atap baja ringan mempunyai mutu ketahanan yang dapat diandalkan. Konstruksi Atap Baja Ringan tidak mudah lapuk dan menyusut karena perubahan cuaca. Namun, kamu bisa saja terkecoh dalam menentukan kualitas baja ringan yang baik.

Kualitas baja ringan yang baik sebaiknya tak terlalu ringan juga terlalu lentur. Dan untuk menentukan jenisnya baja ringan zincalume lebih baik dibanding baja ringan galvanis.

Konstruksi Atap Baja Ringan bisa didaur ulang

Apabila rangka atap baja ringan dibongkar, material bajanya masih bisa kamu manfaatkan untuk membuat konstruksi bangunan lagi. Sifat daur ulang ini membuat penggunaan rangka atap baja ringan Bandung turut mendukung program pemerintah. Dalam perawatan lingkungan sekaligus menjaga kelestarian hutan dan jenis kayunya. Karena mengganti material kayu dengan atap baja ringan Bandung.

Bisa digunakan untuk berbagai jenis penutup atap

Menggunakan rangka atap baja ringan bukan berarti hanya bisa menggunakan penutup atap atau genteng logam saja, seperti genteng metal. Kamu tetap bisa menggunakan berbagai jenis genteng lainnya seperti keramik, asbes, kaca, dan jenis genteng beton. Hanya saja semakin berat bobot gentengnya semakin banyak baja ringan yang digunakan.

Harga Pasang Konstruksi Atap Baja Ringan Bandung

Sebelum memutuskan untuk memasang rangka atap baja ringan Bandung. Kita bisa menghitung perincian biaya yang akan dikeluarkan dan menyesuaikannya dengan bujet kita. Sekarang biaya pemasangan rangka atap baja ringan di Bandung sudah termasuk dengan biaya pemasangan genteng. Dengan begitu, perkiraan pengeluaran pasang atap baja ringan Bandung lebih terjangkau yaitu :

Buat sketsa atap

Sebelum menghitung biaya, kita perlu menghitung luas atap, agar bisa mengetahui gambaran bentuk atap yang akan dipasang. Kita dapat menggambarnya terlebih dahulu sesuai ukuran yang diperkecil menggunakan kalkulasi skala asli.

Baca juga Jasa Pembuatan Kitchen Set Bandung

Menghitung luas atap rumah

Contohnya ukuran luas rumah yaitu 6 x 10 m. Setiap atap mempunyai oversteck sebesar 0,5 m di sisi kanan, kiri, depan serta belakang.
Bila sudut kemiringan atap yaitu 30 derajat, maka luas atap rumah (LAR) yaitu :

LAR = panjang x lebar / cosinus derajat kemiringan atap

= (6 m + oversteck kanan kiri 1 m) x (10 m + oversteck depan belakang 1 m) / cos 30°

= 7 m x 11 m : cos 30° = 77 m2 : 0.866

LAR = 88, 92 m2.

Menghitung biaya rangka atap baja ringan Bandung

Pada tahap ini kita harus mengetahui berapa kisaran harga baja ringan Bandung dan harga genteng pilihan kita. Misalnya harga baja ringan setebal 1 mm saat ini adalah Rp 150 ribu/m2. Sedangkan harga genteng metal adalah Rp 100 ribu/m2. Jadi total biaya baja ringan adalah:

= (LAR x harga baja ringan per m2) + (LAR x harga atap per m2).

= (88,92 m2 x Rp. 140.000) + (88,92 m2 x Rp. 100.000).

= Rp. 12.448.800 + Rp. 8.892.000.

= Rp. 22.230.000. Jadi total biaya rangka atap baja ringan tersebut 6 x 10 m2 yakni Rp 22.230.000.

Setelah mengetahui kelebihan yang dimiliki oleh baja ringan dan harga pasang konstruksi atap baja ringan Bandung tidak heran. Banyak orang yang beralih menggunakan konstruksi ini untuk membangun rumah mereka. Apa kamu semakin yakin untuk menggunakan Konstruksi Atap Baja Ringan?